Anak adalah amanah yang ditipkan Allah kepada manusia. Anak (yang sholeh) juga merupakan investasi akhirat yang sangat berharga, karena dapat mendoakan kita, dan dapat menambah amal kita walaupun kita sudah tiada. Seperti kita ketahui bersama fitrah dari anak-anak kita adalah Islam, dengan jiwa Islam, raga Islam dan akhlaq Islam, dan itu merupakan tanggung jawab orang tua untuk menjaganya tetap pada fitrahnya.
Berikut kami sampaikan beberapa tips, hasil olahan dari beberapa referensi dan pengalaman menjadi pengajar di TPQ/TPA.
KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK MUSLIM USIA PRA SEKOLAH
Landasan Utama: QS Luqman : 13-19
1. MEMBENTUK AKIDAH DAN KEIMANAN
a. membacakan kalimat tahlil (LA ILAHA ILLA ALLAH) dan mengulang-ulangnya
b. memperdalam muraqabah (kedekatan) Allah dalam hatinya : "jagalah (perintah) Allah, maka Allah akan menjagamu,"
sering-sering mengucapkan : "sesungguhnya Allah melihatmu, mendengarmu, dan senantisa bersamamu".
c. biasakan untuk membaca Al-Qur'an dan doa-doa.
d. Memperdalam kecintaannya kepada Allah dan Rasulullah dengan banyak-banyak dzikir dan sholawat.
e. memberikan hadiah pada anak pada momen-momen tertentu (exp: hadiah untuk hafalan Qur'an)
2.MEMBENTUK KEILMUAN DAN PENGETAHUAN ANAK
a. mengajarinya al-qur'an dan sunnah (kandungannya)
b. belajar siroh nabi, akhlaq, dan perilakunya
c. mengajarinya doa-doa
d. jika mampu, sediakan perpustakaan rumah
e. mengirimnya ke TK atau palygroup untuk belajar
f. mengikutkan dalam halaqoh hafalan al-qur'an
g. menjawab semua pertanyaan anak sesuai dengan usianya (disesuaikan dengan nalarnya).
h. mendongengkan kisah-kisah teladan yang mendidik (hindari kencenderungan mutlak terhadap daya khuayal, dengan tetap mempertimbangkan pentingnya daya khayal)
i. tidak memaksanya menulis/membaca sebelum masanya (dengan tetap memberikan latihan membaca dan menulis secara bertahap --> perhatikan mood-nya.)
3. MEMBENTUK AKHLAQ, PERILAKU, DAN SOPAN SANTUN ANAK
a. mempraktekkan adab-adab yang telah dipelajarinya
b. berikan teladan kepadanya
c. mempergunakan kata-kata yang baik kepdanya, khususnya ketika sedang marah dan ketika sedang menasehatinya.
d. menepati segala hal yang dijanjikan kepadanya.
e. memberi permisalan dengan cerita-cerita nyata sebagai teladan yang baik baginya.
4. MEMBENTUK SISI SOSIAL ANAK-ANAK
a. diajak ke majelis-majelis orang dewasa (jangan lupa perkenalkan adab majelis)
b. menunjukkan apa yang dipelajarinya dihadpan orang dewasa/ majelis untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya.
c. mebiasakan mengucapkan salam ketika keluar/masuk ruangan
d. membiasakan meminta izin dalam segala hal
e. mendidiknya untuk membatu pekerjaan rumah
f. membiasakannya untuk bertransaksi jual beli, biasakan untuk berani tapi tetap sopan.
g. mengajari silaturrahim dengan mengunjungi sanak famili dan berdiam bersama mereka sampai saat yang cukup
h. memelihara hewan piaraan (ikan, unggas, dsb) yang memungkinkan anak untuk berinteraksi dengannnya.
i. merngajaknya ke masjid setiap saat untuk menumbuhkan keterikatan hatinya dengan masjid, dan ajari untuk tidak sungkan berinteraksi dengan orang-orang di masjid.
j. memilihkan teman pergaulan yang baik
5. MEMBANGUN SISI KEJIWAAN DAN PERASAAN ANAK
a. mengenali kejiwaan anak dan kebutuhannya pada tiap fase
b. menghargai anak dan tidak merendahkannya, khususnya di depan teman-temannya atau teman-teman anda
c. menjadi pendengar yang baik terhadap apa yang dibicarakannya, dan membuatnya merasa bahwa apa yang dibicarakannya adalah penting
d. memberei pengarahan kepadanya dengan lemah lembut, dan diutamakan dilakukan ketika sendiri.
e. menemaninya dalam permainan dan duduk bersamanya.
f. menyambut kedatangannya dan melepas kepergiannya dengan baik, dan membiaskan hal yang demikian
g.berusaha menyenangkan anak, khususnya sebelum tidur, dan menjauhkannya dari kejadian-kejadian dan suara-suara menakutkan.
h. menyadari bahaya memberikan hukuman fisik secara terus menerus
i. menyadari bahaya memberikan ancaman dengan hukuman terus menerus.
6. MEMBENTUK FISIK DAN KESEHATAN TUBUH ANAK
a. membiasakan melakukan senam badan yang ringan
b. menjemurnya di sinar matahari pagi setiap hari
c. mengadakan perlombaan olahraga bagi anak --> juga bisa menumbuhkan semangat kompetisi
d. bermain bersama orang dewasa
e. menjauhkan mereka dari penyakit menular
f. mengadakan check up secara berkala, terutama untuk giginya
g. membiasakan membersihkan diri, gigi, pakaian dan tempat tidurnya
h. membiasakan sebelum tidur dan ketika sakit membaca surat al-ikhlas, al-falaq, dan an-nas.
7. MEMBENTUK RASA SENI, KEINDAHAN DAN KREATIVITAS ANAK
a. mengajak untuk memperindah kamarnya dan menghiasinya
b. memperhatikan keindahan alat-alat khusus untuknya
c. menyediakan buku gambar dan pensil warna/crayon, dsb, dan membiarkannya berkreasi, dan tetap dibawah pengawasan orang tua.
d. menyediakan permainan "bongkar pasang" (exp: lego, puzzle)
f. mengajaknya ke tempat-tempat wisata alam
g.memutarkan film ttg keindahan alam
h. mendengarkan lagu yang sesuai dengan umurnya --> upayakan lagu yang syar'i
i. menjaga hasil karya seni anak-anak di map khusus (tidak menyai-nyaikannya), atau bisa juga dipajang di kamer tidurnya.
waAllahu a'lam bis showab...
Berikut kami sampaikan beberapa tips, hasil olahan dari beberapa referensi dan pengalaman menjadi pengajar di TPQ/TPA.
KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK MUSLIM USIA PRA SEKOLAH
Landasan Utama: QS Luqman : 13-19
1. MEMBENTUK AKIDAH DAN KEIMANAN
a. membacakan kalimat tahlil (LA ILAHA ILLA ALLAH) dan mengulang-ulangnya
b. memperdalam muraqabah (kedekatan) Allah dalam hatinya : "jagalah (perintah) Allah, maka Allah akan menjagamu,"
sering-sering mengucapkan : "sesungguhnya Allah melihatmu, mendengarmu, dan senantisa bersamamu".
c. biasakan untuk membaca Al-Qur'an dan doa-doa.
d. Memperdalam kecintaannya kepada Allah dan Rasulullah dengan banyak-banyak dzikir dan sholawat.
e. memberikan hadiah pada anak pada momen-momen tertentu (exp: hadiah untuk hafalan Qur'an)
2.MEMBENTUK KEILMUAN DAN PENGETAHUAN ANAK
a. mengajarinya al-qur'an dan sunnah (kandungannya)
b. belajar siroh nabi, akhlaq, dan perilakunya
c. mengajarinya doa-doa
d. jika mampu, sediakan perpustakaan rumah
e. mengirimnya ke TK atau palygroup untuk belajar
f. mengikutkan dalam halaqoh hafalan al-qur'an
g. menjawab semua pertanyaan anak sesuai dengan usianya (disesuaikan dengan nalarnya).
h. mendongengkan kisah-kisah teladan yang mendidik (hindari kencenderungan mutlak terhadap daya khuayal, dengan tetap mempertimbangkan pentingnya daya khayal)
i. tidak memaksanya menulis/membaca sebelum masanya (dengan tetap memberikan latihan membaca dan menulis secara bertahap --> perhatikan mood-nya.)
3. MEMBENTUK AKHLAQ, PERILAKU, DAN SOPAN SANTUN ANAK
a. mempraktekkan adab-adab yang telah dipelajarinya
b. berikan teladan kepadanya
c. mempergunakan kata-kata yang baik kepdanya, khususnya ketika sedang marah dan ketika sedang menasehatinya.
d. menepati segala hal yang dijanjikan kepadanya.
e. memberi permisalan dengan cerita-cerita nyata sebagai teladan yang baik baginya.
4. MEMBENTUK SISI SOSIAL ANAK-ANAK
a. diajak ke majelis-majelis orang dewasa (jangan lupa perkenalkan adab majelis)
b. menunjukkan apa yang dipelajarinya dihadpan orang dewasa/ majelis untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya.
c. mebiasakan mengucapkan salam ketika keluar/masuk ruangan
d. membiasakan meminta izin dalam segala hal
e. mendidiknya untuk membatu pekerjaan rumah
f. membiasakannya untuk bertransaksi jual beli, biasakan untuk berani tapi tetap sopan.
g. mengajari silaturrahim dengan mengunjungi sanak famili dan berdiam bersama mereka sampai saat yang cukup
h. memelihara hewan piaraan (ikan, unggas, dsb) yang memungkinkan anak untuk berinteraksi dengannnya.
i. merngajaknya ke masjid setiap saat untuk menumbuhkan keterikatan hatinya dengan masjid, dan ajari untuk tidak sungkan berinteraksi dengan orang-orang di masjid.
j. memilihkan teman pergaulan yang baik
5. MEMBANGUN SISI KEJIWAAN DAN PERASAAN ANAK
a. mengenali kejiwaan anak dan kebutuhannya pada tiap fase
b. menghargai anak dan tidak merendahkannya, khususnya di depan teman-temannya atau teman-teman anda
c. menjadi pendengar yang baik terhadap apa yang dibicarakannya, dan membuatnya merasa bahwa apa yang dibicarakannya adalah penting
d. memberei pengarahan kepadanya dengan lemah lembut, dan diutamakan dilakukan ketika sendiri.
e. menemaninya dalam permainan dan duduk bersamanya.
f. menyambut kedatangannya dan melepas kepergiannya dengan baik, dan membiaskan hal yang demikian
g.berusaha menyenangkan anak, khususnya sebelum tidur, dan menjauhkannya dari kejadian-kejadian dan suara-suara menakutkan.
h. menyadari bahaya memberikan hukuman fisik secara terus menerus
i. menyadari bahaya memberikan ancaman dengan hukuman terus menerus.
6. MEMBENTUK FISIK DAN KESEHATAN TUBUH ANAK
a. membiasakan melakukan senam badan yang ringan
b. menjemurnya di sinar matahari pagi setiap hari
c. mengadakan perlombaan olahraga bagi anak --> juga bisa menumbuhkan semangat kompetisi
d. bermain bersama orang dewasa
e. menjauhkan mereka dari penyakit menular
f. mengadakan check up secara berkala, terutama untuk giginya
g. membiasakan membersihkan diri, gigi, pakaian dan tempat tidurnya
h. membiasakan sebelum tidur dan ketika sakit membaca surat al-ikhlas, al-falaq, dan an-nas.
7. MEMBENTUK RASA SENI, KEINDAHAN DAN KREATIVITAS ANAK
a. mengajak untuk memperindah kamarnya dan menghiasinya
b. memperhatikan keindahan alat-alat khusus untuknya
c. menyediakan buku gambar dan pensil warna/crayon, dsb, dan membiarkannya berkreasi, dan tetap dibawah pengawasan orang tua.
d. menyediakan permainan "bongkar pasang" (exp: lego, puzzle)
f. mengajaknya ke tempat-tempat wisata alam
g.memutarkan film ttg keindahan alam
h. mendengarkan lagu yang sesuai dengan umurnya --> upayakan lagu yang syar'i
i. menjaga hasil karya seni anak-anak di map khusus (tidak menyai-nyaikannya), atau bisa juga dipajang di kamer tidurnya.
waAllahu a'lam bis showab...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar